Selasa, 03 Mei 2016

“This is Awesome”, Dashboard Penerimaan Negara MPN G2 mewakili Kemenkeu dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2016

Jakarta,djpbn.kemenkeu.go.id – Ditjen Perbendaharaan mendapat kesempatan berharga untuk menunjukkan kiprahnya mewujudkan inovasi di bidang pelayanan publik dalam event Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2016 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) mewakili Kementerian Keuangan (10/03).

Setelah melewati tahapan seleksi, inovasi yang diusung Ditjen Perbendaharaan yaitu Aplikasi Dashboard MPN G2 terpilih dari sekitar 2.400 lebih inovasi yang diajukan seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah. Menjadi 11 kandidat terbaik dari kelompok Kementerian dan masuk top 99 inovasi pelayanan publik terbaik secara nasional dan diundang untuk dipresentasikan di KemenPAN RB.
Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo membuka presentasi dengan pernyataan keunggulan MPN G-2. “Dengan MPN G2, sekarang Wajib Pajak, Wajib Bayar dan Wajib Setor dimudahkan melakukan penyetoran baik dari sisi waktunya, bisa dari manapun dan menggunakan perangkat yang mudah diakses” ungkapnya. MPN G2 diciptakan untuk menyempurnakan sistem yang sebelumnya relatif manual menjadi sitem yang terkomputerisasi dan terotomasi.
“Bukan hanya milik Ditjen Perbendaharaan sebagai settlement, MPN G2 merupakan bentuk sinergi antar biller Ditjen Pajak, Ditjen Beacukai dan Ditjen Anggaran untuk mengamankan setiap rupiah yang masuk dari masyarakat” tegas Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono menanggapi kesan “silo-silo” di Kementerian Keuangan yang dilontarkan oleh ketua dewan juri, Prof. Dr. JB Kristiadi.

Sebagai kelanjutan MPN G-1, MPN G-2 yang dilengkapi Dashboard Penerimaan Negara dimaksudkan sebagai inovasi untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan good governance dalam pengelolaan keuangan negara. Pengguna MPN G2 pada setiap level wewenangnya dapat mengakses informasi sesuai yang dibutuhkan. Kemudahan akses terhadap informasi tersebut mendongkrak kepercayaan publik untuk beralih menggunakan MPN G2.
This is awesome, membanggakan karena continuous innovation, continuous improvement dan continuous achievement yang terus dilakukan oleh Kementerian Keuangan akan mengurangi terjadinya KKN. Ini adalah dreams comes true” demikian Prof.Siti Zuhro, peneliti senior LIPI yang juga menjadi juri dalam event ini mengapresiasi inovasi Ditjen Perbendaharaan.
Oleh : Media Center Ditjen Perbendaharaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Evaluasi Sosialisasi Revisi DIPA 2015 (geser ke bawah untuk melihat seluruhnya)