Minggu, 29 Mei 2016

INILAH TOP 35 INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2016


Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi dan Menteri Hukum dan Ham Yasona Laoly, memberikan keterangan kepada wartawan, usai penyerahan penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2016 dan BKN Award, di Bidakara, Jakarta, Kamis (26/05)
JAKARTA - Penganugerahan TOP 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 kepada para Inovator oleh Wakil Presiden RI, didampingi Menteri PANRB dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian di Bidakara Jakarta. Kamis (26/05). "Selamat kepada instansi, gubernur dan Bupati/Walikota atas inovasi dan kerja yang baik. Sehingga menjadi program yang bermanfaat bagi kepentingan nasional," ujar Wapres saat memberikan sambutan.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik di Jakarta, Kamis (26/05).  Berbeda  dengan tahun lalu,  penyerahan penghargaan ini dilakukan bersamaan dengan penyerahan BKN Award dalam rangkaian acara Rakornas Kepegawaian yang diselenggarakan BKN di Hotel Bidakara. Untuk tahun lalu, penyerahan penghargaan dilakukan bersamaan dengan penutupan Musrenbang Nasional.
Penetapan Top 35 melalui Keputusan Menteri PANRB No. 99/ 2016 tentang Penetapan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016.  Yang telah seleksi dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, dari 2.476 inovasi peserta kompetisi inovasi pelayanan publik 2016.  Top 35 ini terdiri dari 3 kementerian, 2 lembaga, 8 provinsi, 14 kabupaten, 5 kota, 3 BUMN/BUMD yang masuk dalam top 35 ini.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, kompetisi ini merupakan wujud dari program one agency, one innovation yang mewajibkan kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota menciptakan minimal satu inovasi setiap tahun. Kompetisi serupa juga digelar secara international oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang dikenal dengan United Nation Public Services Award (UNPSA).
 http://www.menpan.go.id/berita-terkini/4888-inilah-top-35-inovasi-pelayanan-publik-2016#
DAFTAR TOP 35 INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2016
No
Judul Inovasi
Instansi
KEMENTERIAN
1
Minerba On Map Indonesia (MOMI)Ditjen Minerba Kemenetrian  ESDM
2
Publikasi Formasi jabatan Notaris secara Real TimeDit Perdata Ditjen AHU Kementerian Hukum dan HAM
3
Transparansi dan Realtime Data Penerimaan Negara melalui Aplikasi Monitoring Transaksi MPN G-2 (Dashboard MPN G-2)Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan
LEMBAGA
4
Wajah Baru Website BPS se Indonesia : Easy to Manage, Multi Devices, Dynamic Table, dan Multi ViewDirektorat Diseminasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS)
5
Panic Button On Hand Polres Malang KotaPolres Malang Kota, Kepolisian RI
PROVINSI
6
Kami Datang, Penglihatan TerangRS Mata Bali Mandara, Provinsi Bali
7
Pacar Binal (Pangkalan Cari Izin Bagi Nelayan) Implementasi Pelayanan Perizinan Perikanan pada Gerai Investasi UPT PTSP BPMD Provinsi Jawa Tengah, Studi Kasus di BPPT Kota TegalUPT PTSP Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah
8
Under Water Restocking,  Peningkatan Potensi Sumberdaya Ikan melalui Penebaran Benih Ikan di Dasar lautDinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur
9
MLM Pasung "Cara Cepat Jawa Timur Bebas pasung"RSUD Menur Provinsi Jawa Timur
10
Persalinan Lancar dan Nyaman dengan STIPUTS BRA (Stimulus Putting Susu Bra)RSUD Saiful Anwar Malang, Provinsi Jawa Timur
11
Bravo Pala Indonesia Bermutu, Solusi  Menghilangkan Notifikasi Pala IndonesiaOtoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) Pemprov Jawa Timur
12
Ini lo Pak De, Inovasi Laboratorium Pengelolaan Keuangan DaerahBadan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Timur
13
SILAM – SATUPTD Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat, Dinas Kesehatan Porvinsi Sumatera Selatan
KABUPATEN
14
Nyaman Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) Di balik Kocokan Arisan IbuDinas Kesehatan Kabupaten Bangka
15
Pujasera (Pergunakan Jamban Sehat, Rakyat Aman)UPTD Puskesmas Tampo, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi
16
Pembinaan dan Pelayanan Kesehatan pada Komunitas Adat Terpencil Suku Anak Dalam Melalui Team Mobile di Kabupaten Batanghari, Provinsi JambiDinas Kesehatan Kabupaten Batanghari
17
Kelola Sampah Hasilkan BerkahDinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bojonegoro
18
Pengemangan Klinik Konsultasi AgribisnisBadan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Gunung Kidul
19
Si MIDUN Ke FASKESDinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan
20
Mengganti Beras Miskin (Menjadi Beras Daerah (Rasda) di Kabupaten Kulon ProgoDinas Pertanian Kabupaten Kulon Progo
21
MBAK RITA (Tambak Direvitalisasi)Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Kutai Kartanegara
22
INTAN SATU KATADinas Peternakan Kabupaten Pemekasan
23
Jempol Mancep Layanan Cepat, Tepat, Tuntas tanpa KertasUPT Puskesmas Sumber Asih, Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo
24
Matahari untuk Kaum Papa di PurbalinggaUPTD SMK Negeri 3 Kabupaten Purbalingga
25
Bergandengan Tangan Menyelamatkan Ibu dan Bayi Lahir di Kabupaten TangerangDinas Kesehatan Kabupten Tangerang
26
Kemitraan Kelompok Tani Ternak dan Pusat Kesehatan Hewan pada Posyando Ternak Kahuripan Desa Pematang Nebak Kecamatan Bulok, Kabupaten Tanggamus Provinsi LampungDinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanggamus
27
INSTAGRAM (Instalasi Gawat Darurat Modern)RSUD dr. Iskak Kabupatejn Tulungagung
KOTA
28
Kebermanfaatan TPA Manggar Untuk SemuaUPTD TPA Sampah Manggar, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Balikpapan
29
FROM ZERO TO HERO : Membangun Generasi Cinta Sehat di Sekolah yang Siap Membangun Negeri, Tinjauan Program usaha esehatan Sekolah (UKS) di Puskesmas Talagabodas Kota Bandung
Dinas Kesehatan Kota Bandung
30
OMABA (Ojek Makanan Balita), Penanganan Gizi Buruk Melalui OMABA dan COOKING CENTER di UPT Puskesmas Riung bandungUPT Puskesmas Riung, Dinas Kesehatan Kota Bandung
31
Home Care (Pelayanan Kesehatan ke Rumah 24 Jam)Dinas Kesehatan Kota Makassar
32
Pelayanan AntidiskriminasiRSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, Kota Pontianak
BUMN/D
33
Inovasi Pelayanan Prima BandaraBandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (Denpasar), PT Angkasa Pura I (Persero)
34
Transformasi Pelabuhan Pontianak Melalui Pembenahan Terminal PetikemasTerminal Petikemas Pelabuhan Pontianak, PT Pelabuhan Indonesia II
35
Gapura Surya Nusantara : Pionir Modernisasi Terminal penumpang Kapal LautPelabuhan Tanjung Perak Surabaya, PT Pelabuhan Indonesia III

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Evaluasi Sosialisasi Revisi DIPA 2015 (geser ke bawah untuk melihat seluruhnya)